Alam Ganjar Datangi Sanggar Seni dan Pusat Batik Trusmi Untuk Belajar Budaya Cirebon

jpnn.com, CIREBON – Muhammad Zinedine Alam Ganjar mengunjungi sejumlah titik seni dan budaya khas Cirebon pada Minggu (24/12). Salah satunya yakni Sanggar Seni Kelapa Jajar dan Pusat Batik Trusmi.

Alam Ganjar datang dan meilhat pertunjukan seni tari dari Sanggar Seni Kelapa Jajar di Kanoman, Pekalipan, Cirebon, Jawa Barat.

Anak dari capres nomor urut tiga pada Pemilu 2024, Ganjar Pranowo itu disambut oleh tarian khas setempat. Di sana Alam terlihat menikmati gerakan demi gerakan yang dilakukan oleh para penari tersebut.

Baca Juga:

Sanggar Seni Tari Kelapa Jajar telah berhasil meneruskan dan memperkenalkan sanggar kepada masyarakat sampai sekarang, sehingga seni tradisi yang menjadi khas Cirebon ini masih bisa dinikmati, bahkan bisa dipelajari generasi muda sebagai penerus.

Tak heran dari keuletan dan keikhlasan, sanggar seni tersebut telah dipercaya untuk melakukan berbagai pementasan, baik untuk sosial, adat dan keagaamaan, maupun pementasan dalam suatu parade atau ajang festival-festival kebudayaan di seluruh kota.

Selain seni tari, Alam pun datang untuk melihat pusat kebudayaan batik yang selama ini menjadi identitas Kota Cirebon, yakni batik Trusmi. Alam pun diajari bagaimana sejarah dan mencoba mempraktikkan pembuatan batik trusmi.

Baca Juga:

Batik Trusmi Cirebon merupakan salah satu batik yang terkenal di Indonesia. Lokasi pembuatannya terpusat di Kecamatan Plered, sekitar empat kilometer di sebelah barat pusat Kota Cirebon, Jawa Barat. Kepopuleran itu membuat daerah asalnya mendapat julukan Kampung Batik Trusmi.

Tak heran, Alam pun datang dan mengungkapkan kekagumannya selama dirinya mempelajari tradisi dan budaya Cirebon. Terlebih lagi, ini pengalaman pertamanya datang dan mengenal langsung ke khasan dari Kota Cirebon.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *