Kominfo Ajak Para Generasi Muda Bijak Menjaga Kedamaian di Ruang Digital

jpnn.com, BANDUNG – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) mengajak generasi muda, khususnya Gen Z untuk ikut terus menjaga kedamaian di ruang digital melalui Forum Diskusi Publik bertajuk ‘Jaga Jarimu Damaikan Ruang Digitalmu’ di Kota Bandung, pada Selasa (6/2).

Menjaga jemari setiap individu adalah cara terbaik untuk tidak menyebarkan informasi hoaks, fitnah, hingga ujaran kebencian melalui perangkat digital terutama di media sosial demi terciptanya kedamaian di ruang digital.

Oleh karena itu, kesadaran untuk menjaga kedamaian di ruang digital harus terus dibangun oleh setiap lapisan masyarakat tak terkecuali Gen Z.

Baca Juga:

“Jadi tanggung jawab kita itu harus menciptakan dan menjaga keamanan. Salah satunya adalah proteksi, proteksi itu menciptakan keamanan tapi peran kita juga bisa menjadi pengganggu keamanan,” ujar Koordinator Informasi dan Komunikasi Pertahanan dan Kemanan Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Dikdik Sadaka.

“Tadi disampaikan, pelaku-pelaku pengganggu keamanan atau pelaku kejahatan bisa timbul dari kita juga, sadar atau tidak sadar. Apakah dalam bentuk kejahatan ataupun kesalahan sosial. Menciptakan hoaks misalnya, menciptakan pertentangan di dalam kehidupan sosial misalnya seperti itu,” imbuhnya.

Dendi Zuckergates salah satu narasumber yang juga pakar ruang dital mengemukakan jika kini ruang digital sangat maju.

Baca Juga:

Seiring dengan kemajuan tersebut maka perkembangan kejahatan di ruang digital pun ikut berkembang.

Menurutnya keamanan data pribadi sangat penting dan setara dengan emas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *