Pecah Kemacetan, Surabaya Raya Bakal Dibangun Kereta Listrik SRRL

jatim.jpnn.com, SURABAYA – Pemerintah bakal kembali menambah moda transportasi massal sebagai upaya memecah kemacetan lalu lintas di Surabaya Raya.

Kepastian tersebut disampaikan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi setelah bertemu dengan Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi di Ruang Kerja Walikota Surabaya, Jumat (8/12).

Pertemuan tersebut membahas tentang rencana persiapan proyek Surabaya Regional Railway Line (SRRL) yang akan segera terealisasi menghubungkan wilayah-wilayah di Surabaya Raya. 

Baca Juga:

Eri Cahyadi mengatakan rencana pembangunan SRRL mulai dari Sidoarjo, Surabaya, hingga Gresik. Menurutnya, transportasi massal itu bentuknya adalah kereta bertenaga listrik.

“Nantinya, masyarakat bisa menggunakan moda transportasi umum tersebut. Diharapkan dapat memecah kemacetan yang ada di wilayah Surabaya Raya,”  ujar Eri.

Rencana proyek SRRL, lanjut Eri, tinggal menunggu persetujuan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. Jika sudah disetujui, proses perencanaan dan operasionalnya berjalan di awal Januari 2029.

Baca Juga:

“Semua dilakukan oleh kementerian dan Pemkot Surabaya akan mempermudahnya melalui koordinasi dengan tim cagar budaya. Seperti di Jalan Gubeng, kalau itu ada kereta,  flyover akan dinaikan,” tuturnya.

Eri menilai berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 94 Tahun 2018 Pasal 5 dan 6, pemerintah pusat atau daerah melakukan evaluasi paling sedikit satu tahun sekali pada pelintasan sebidang sesuai kelas jalannya. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *