PJ Gubernur Sumsel Sebut BPD Berperan Penting untuk Perekonomian Daerah

jpnn.com, JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengatakan BUMD didirikan untuk memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah, menyelenggarakan kemanfaatan umum dan memperoleh laba atau keuntungan.

“Kegiatan ini sangat penting bagi pemilik dan pengelola bank. Luar biasa bisa bersatu di sini. Selama menjadi pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), BPD ini sangat strategis karena pemiliknya adalah daerah berarti semuanya tergantung pada daerah, karena itu hubungan antara BPD dan Pemerintah Daerah sangat penting untuk kemajuan bank itu sendiri,” kata Fatoni.

Dia berharap peran BPD sebagai BUMD dapat mewujudkan tujuannya. 

Baca Juga:

Hal itu diungkapkan PJ Gubernur Sumsel sekaligus Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Pemenuhan Modal Inti Minimum Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan Konsolidasi Perbankan Daerah.

Kegiatan tersebut berlangsung di Ballroom Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (4/3).

“Peran BUMD penting sehingga diharapkan bisa membawa kemajuan daerah, dan ada fungsi lain juga yakni menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ujarnya.

Baca Juga:

Oleh karena itu, Fatoni menilai penguatan BPD perlu terus dilakukan dengan konsolidasi dan solusi melalui peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia Nomor 12/POJK.03/2020 tentang Konsolidasi Bank Hukum.

“Menghadapi dinamika perekonomian serta teknologi informasi domestik dan global perlu penguatan struktur, ketahanan dan daya saing industri perbankan nasional yang bertujuan untuk mendukung stabilitas dan pertumbuhan ekonomi nasional, BPD perlu terus melakukan konsolidasi,” ucapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *