Prabowo Subianto dan Jokowi Santap Bakso di Magelang, Ini Bahayanya jika Berlebihan

Suara.com – Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini terlihat bersama menyantap bakso di Magelang. Bertempat di Bakso Pak Soleh Bandongan, momen santap olahan daging berbentuk bola itu menarik sejumlah masyarakat sekitar.

Memang menyantap bakso cukup nikmat, tetapi jika dikonsumsi setiap hari hingga berlebihan, hal ini sangat buruk untuk kesehatan. Pasalnya, olahan daging tersebut tak murni hanya daging saja, ada sejumlah bahan kimia seperti MSG.

Seperti diketahui, selepas Jokowi dan Prabowo meresmikan Graha Utama Akademi Militer di Magelang, kedua politikus tersebut berkunjung ke warung makan bakso yang terkenal di wilayah tersebut.

Sebenarnya luas lokasi Bakso Pak Soleh Bandongan cukup kecil yang berdiri di pinggir jalan. Meski begitu, makanan ini memang menjadi pilihan masyarakat ketika melintas.

Terlepas dari ramainya dua pejabat tersebut menyantap enaknya bakso, makanan ini juga tak harus dikonsumsi terlalu sering.

Menurut dr Zainul Akbar, kelebihan mengonsumsi bakso ini tak baik untuk kesehatan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Penyakit Jantung

Lemak dalam olahan bakso ini bisa memicu penumpukan lemak dalam tubuh. Bahkan tak jarang lemak-lemak ini menempel di dalam organ tubuh manusia yang dialiri darah.

Lemak yang menyumbat aliran darah tentu mempengaruhi kinerja jantung. Menyempitnya pembuluh darah lebih banyak mengalami risiko gagal jantung.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi makan bakso bersama Menteri Pertahanan sekaligus capres Prabowo Subianto. Keduanya makan di Bakso Pak Sholeh Bandongan, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024).

2. Kolesterol

Masih seputar lemak yang dimiliki kandungan olahan makanan tersebut. Nyatanya, lemak juga berpotensi meningkatkan kolesterol jahat di tubuh.

Akibatnya, menumpuknya kolesterol dalam tubuh memicu stroke di dalam tubuh.

3. Kanker

Olahan daging bakso memang tak murni hanya menggunakan daging saja. Ada tambahan bahan seperti MSG yang notabene mampu memicu kanker dalam tubuh.

MSG sendiri punya fungsi untuk mengawetkan dan memberi rasa kenyal pada bakso. Bahkan para penjual olahan daging ini mencampurkan boraks untuk menambah kenyalnya bakso.

4. Hipertensi

Tak jarang olahan bakso juga dicampur dengan vetsin yang berlebih. Akibatnya, tekanan darah manusia bisa meningkat dan menyebabkan hipertensi.

Meski ada beberapa orang yang mengklaim penggunaan vetsin atau MSG ini suda jarang dicampur dalam bakso, namun tak ada yang bisa menjamin semua pedagang bakso memilih menghilangkan campuran bahan ini.

5. Risiko Keguguran

Hati-hati bagi wanita yang memiliki kecintaan dengan bakso. Pasalnya bagi wanita yang sedang hamil atau mengandung sangat dilarang untuk menyantap makanan ini.

Kandungan boraks lebih banyak memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Bahkan konsumsi boraks, alih-alih menikmati bakso justru membuat janin dalam kandungan ibu rusak.

Tidak ada salahnya menikmati bakso untuk sekedar meningkatkan nafsu makan. Meski begitu, harus bijak sejak awal jika memutuskan mengonsumsi bakso berlebihan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *