Prof. Mahfud Berorasi di Wisuda UNP, Ada 2 Pesan Penting bagi Wisudawan & Wisudawati

jpnn.com, PADANG – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof. Moh. Mahfud Md menyampaikan orasi ilmiah pada acara wisuda Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat, Minggu (17/12/2023).

Dalam orasi itu, Mahfud berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati UNP yang segera menghadapi kehidupan nyata di masyarakat.

“Pertama, setelah keluar dari gedung ini, Saudara akan masuk ke laboratorium yang sesungguhnya, yaitu kehidupan masyarakat itu sendiri,” kata Mahfud.

Baca Juga:

Guru besar ilmu hukum itu mengingatkan setiap lulusan perguruan tinggi berhati-hati ketika masuk ke masyarakat.

Menurut Mahfud, kegagalan penyandang gelar akademik dalam kehidupan bermasyarakat akan berpengaruh pada jenjang kehidupan dalam jangka panjang.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menuturkan mahasiswa yang gagal dalam mata kuliah tertentu masih bisa mengulang pada semester berikutnya. Namun, hal berbeda tidak bisa dilakukan di tengah kehidupan masyarakat.

Baca Juga:

Mahfud menegaskan akan sangat sulit bagi lulusan perguruan tinggi yang gagal dalam kehidupan bermasyarakat untuk memperbaikinya.

Oleh karena itu, Mahfud menyampaikan pesan kedua. Menurut dia, setiap lulusan perguruan tinggi semestinya tidak hanya memiliki ijazah, tetapi juga intelektualitas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *