Viral Ibu Melahirkan di Tepi Jalan, Bupati Jember Lakukan Gerak Cepat

jatim.jpnn.com, JEMBER – Seorang ibu bernama Holila warga Desa Jambesari mendadak viral di media sosial setelah melahirkan di tepi jalan Desa kaliglagah, Kabupaten Jember pada Rabu (20/12).

Beruntung Pemkab Jember memberikan penanganan cepat terhadap Holila dalam proses persalinannya hari itu.

Bupati Jember Hendy Siswanto bersama jajarannya turun melakukan silaturahmi ke rumah Holila pada Kamis (21/12) malam.

Baca Juga:

“Saya datang ke sini di samping dengan maksud menjenguk, saya juga mengingatkan kepada semua warga agar kejadian seperti itu tidak terulang lagi,” kata Hendy.

Menurutnya kejadian melahirkan di tepi jalan punya risiko tinggi terhadap angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) yang kini terus ditekan.

“Kunjungan saya untuk memastikan langsung terkait kondisi kesehatan ibu dan anak tersebut. Harapannya ke depan masyarakat dan pemangku kepentingan saling mengingatkan tentang risiko terjadinya AKI-AKB,” tuturnya.

Baca Juga:

Dia menyebut kejadian yang dialami Holila bisa pelajaran bersama agar kepada para kepala desa lebih memperhatikan warganya masing-masing, kalau ada yang hamil maka segera ditangani.

“Kepada warga Jember, kejadian itu juga menjadi pelajaran. Jika sudah dekat waktu lahir maka segera ke puskesmas atau rumah sakit terdekat,” ucapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *